November 27, 2022

 Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk untuk berbagi cerita, kali ini ringan – ringan ajah sih 😂, capek habis nulis di Kaskus, mapir dulu kalau mau di “Xiaomi Bikin Ulah, Xiaomi 12 Meluncur Prematur. Makelar Online Waspada!” dan di beberapa website. jadi kali ini bahas sesuatu yang gak ada hubungannya dengan ngeblog pokoknya. 😁.

Kemarin sempet main di Ponorogo ceritanya, mampir di jalan Ahmad Yani kalau aku gak salah, dimana tempat ini di sulap seperti Malioboro di Jogja, siapa sih gak tau Malioboro di Jogja 😃. Makan khas Ponorogoro, Salah satunya sih Sate ayam tapi bumbunya kental banget. Nah habis itu ke gerobak sepeda dekat indomaret yang jualan perkopian manual brew, karena gak mau ambil resiko akhirnya pesen ajah dah Nescaffe original blend, emang favorit banget sih soalnya kalau lagi males ke Caffe buat nyeduh manual brew bikinajah nescaffe ini. Worth it banget koq bagi kalian yang suka banget tentang kopi dan cafein.  

Eh lakoq 😂, kopinya jadinya pahit banget karena takarannya yang gak sesuai, aku sangat yakin pedagangnya ini memberikan porsi seperti kopi tubruk atau kopi bubuk biasa. So aku gak nyalahin koq emang Nescaffe Original Blend ini termasuk kopi ekstrak yang gak menghasilkan ampas. apalagi masih pemuda – pemuda yang belasan tahun kelihatannya atau gak awal2 umur 20’an. So buat mas2-nya semangat buat kalian, i hope for your effort 😍.

 

Nah dari masalah tersebut, aku mau bikin tutorial menyeduh kopi “original blend”, sebenarnya gak hanya Nescaffe saja yang mengeluarkan produk semacam ini ada juga IndoCaffe. Persamaan nya adalah varietas ekstraksi biji kopi, dimana Indocaffe menyebutkan dari daerah Mandhailing sedangkan sedangkan Nescaffe dari biji kopi Robusta Lampung.

 

Ouh ini saya tegaskan kopi tanpa ampas yah, karena ekstraksi kopi. berikut langkah sederhananya.

1. Siapkan air mendidih.

Jika kalian gak ada termometer, sebaiknya pakai langkah ini, Air yang mendidih matikan kompor lalu diamkan 2-3 menit untuk mengurangi suhu, karena kopi ini akan mencul rasa asamnya jika di suhu yang pas antara  80-90 derajat. karena gak ada termometer jadi ilmu kira 😂

2. Takarannya.

Ouh ia sebenernya untuk takaranya ada loh dibelakang kemasannya, untuk 2 gram sekitar 200 mili air, jadi jangan banyak2 nanti akan terlalu encer kalau airnya kebanyakan, kalau kebanyakan kopi nanti jadinya pahit banget.

3. Gula Opsional

Gula ini opsional sih, tapi kalau kalian ingin menambahkan gula ketika sudah dingin, karena ketika sudah dingin rasa asam dari kopinya akan berkurang. jadi kalau ditambahi gula pas banget. 

Tapi sebenarnya yang saya bahas diatas berdasarkan selera dan kebiasan saja, kalau kalian ingin menambahkan dan bervariasi saja, jenis kopi ini bisa dibuat dalgona loh, karena sempet viral dulu pas covid, 😂. Atau kalian yang ingin merasakan kopi kekinian tinggal tambah ajah susu full cream yang gurih seperti greenfield. dan beberapa tambahan toping seperti coklat. untuk toping gak ada rekomendasi yah 😢 karena toping biasanya tinggi gula.

Nah boleh lanjut deh setelah itu, pagi ini menulis beberapa artikel setelah ngopi, kalau mau mampir monggo 😍.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *