4 Bulan, Wisata Dari Pulau Jawa Langsung Ke Lombok

Kalau ini salah satu informasi buat kalian yag ingin bacpacker ke pulau Lombok, Emang sih pulai lombok ini surganya wisata karena hampir semua sudut pulau Lombok tempat wisata. Mumpung dulu masih corona sangat susah sekali kemana – mana aku malah main ke Lombok sekitar 4 bulan mulai bulan Oktober hingga pulang tanggal 12 Januari 2021.

Hmmm, lumayanlah healing dari semua kesibukkan dan kesibukkan di pulau jawa, tak hanya di Lombok aku sempet main juga ke Sumbawa. dari ujung sumbawa pelabuhan pototano hingga ke pelabuhan sape Sumbawa. Panas pokoknya Sumbawa itu.

Oke guys bagi kalian orang – orang Jawa yang mau jalan – jalan ke Lombok aku estimasikan budget untuk kalian, kalau kalian dari pulau Jawa entah dari manapun baiknya untuk menghemat pembiayaan kalian naik kapal laut melewati pelabuhan tanjung perak.

Pembelian Tiket Kapal

Aku selalu pakai kapal Oasis Guys, dimana kapal Oasis ini beroprasi 6 hari dalam seminggu berangkat jam 9 malam libur di hari minggu, kalau kalian beli tiket di ASDP Pelabuhan Perak kalian akan dikenakan sekitar 150’an ribu per orang tapi kalau kalian belilangsung di kantor KMP Oasis kalian bisa mendapatkan harga 95 ribu. Syaratnya cukup KTP kalau untuk test PCR atau swab itu opsional sih, dulu aku cukup pakai PCR yang aku peroleh di rumah sakit dekat pelabuhan tanjung perak.

Untuk kapal laut legundi aku sekali ajah sih, harga tiketnya juga sama koq, cuma keberangkatannya jam 9 pagi sehingga dalam 1 hari kerja ada 2 kapal laut yang berangkat ke Lombok. Untuk masalah kenyamanan lebih baik aku rekomendasikan pakai Oasis karena menurutku lebih besar kapalnya sehingga ketika lepas dari selat bali menuju lombok tidak terlalu berasa ombak besarnya, Ouh ia sepajang perjalanan aku masih bisa menikmati sinyal 4G (menggunakan XL dan Telkomsel) sepanjang perjalanan, karena sebenarnya perjalana dari Surabaya – Lombok gak jauh dari bibir pantai loh, kecuali setelah dari bali ke lombok kita akan terputus sinyal karena memang jauh dan faktor badai besar karena selalu malam melintasinya. perjalanan dari Surabaya ke Lombok memakan waktu sekitar 18 jam perjalanan. berangkat Jam 11 malam menggunakan Kapal Laut laut Oasis tiba dipelabuhan lembar jam 7 Malam, Btw kalian wajib menikmati sunset ketika menaiki kapal sangat bagus banget loh. ?

Sunrise di balik Gunung Agung Bali diambil dari KM Oasis sekitar pukul 18.00 (Oktober 2020)

Suasana Kapal Bersih Sekali

Aku aku gak tau yah apa gara pandemi sepi banget, tapi Alhamdulillah perjalanan ke lombok menggunakan KM Oasis ini bersih banget jauh sekali dengan kata kotor bahkan free tempat tidur, tempat tidurnya ada ACnya juga, cuma sayang gak dapat makan hehehehe ? (tiket murah koq dapat makan) kecuali untuk sopir truck mendapatkan jatah makan karena bayar tiketnya udah beda.

Suasana Kapal Laut Oasis Saat Melintasi Laut Madura.

Tiba Di Lombok

Tiba di Lombok, sekitaran jam 8 malam guys, soale kapalnya sandar dulu di dermaga pelabuhanlembar sekitar 1 jam untuk mengeluarkan truck dan kendaraan besar dulu, nah setelah di lombok kalian bebas. kalau aku sih di 10 hari pertama menetap di daerah lingkar Selatan di daerah Perumahan depan pantai Gading. Wkwkwkw tiap hari dengerin suara ombak pantai ? .

Suasana Pantai gading Lingkar Selatan Lombok

Pantainya berbeda kayak dipulau jawa, suasanya tenang karena gak banyak orang ombaknya kecil banget dan pemandangan didepannya itu gunung agung Bali.

View Pantai di Gili Trawangan

Next, day aku menginap sekitar 2 minggu didaerah Selelos dekat dengan 3 Gili yang dijadikan objek wisata nasional. Di selelos sendiri merupakan daerah dataran tinggi penghasil kopi dan ciklat, disana aku hidup dan tinggal dirumah salah satu pengurus desa, ditemani oleh pemuda sana, namanya mas fandi sekaligus tourguide didesa ini. Kami berkeliling di Tiusaung dan Tiu frendo salah satu sumber air yang terkenal didesa itu, tempatnya yang masuk hutan jadi agak susah kalau gak pakai local guide.

ini video singkat selama di tiu frendo, buat yang pengen kesini di tahun 2021 ini tempat objek wisata ini sudah ditutup karena jalannya yang ektrem sih, jadi tidak direkomendasikan buat kalian yang gak suka tantangan di hutan. untuk pemandangannya bisa seperti ini.

Sebenernya sih masih banyak tempat yang aku kunjungi selama 4 bulan di Lombok, cuma kalau diceritakan panjang lebar malah nanti bosen hehehe, selain lombok aku juga sempet 1 bulan di Sumbawa, beberapa tempat seperti Maronge, Batu bulan, Pernek, Oi Toi hingga ujung sumbawa pulabuhan sape.

This entry was posted in Tak Berkategori. Bookmark the permalink.