9 Februari 2023

Laptop Gadget Device Notebook Blank Space Concept

Sudah lama gak posting, kali ini akan mereview sedikit kehidupan orang – orang SEO dari kacamatan gue sih. Yah apa yang gue ceritakan ini memang gak semua gue alami tapi ada beberapa temen – temen yang memiliki kehidupan yang hampir sama semasam SEO spesialist dibeberapa tempat dan beberapa waktu yang berbagi dengan saya.

SEO Bukan pilihan

Kalau ada pekerjaan yang bisa dilakukan selain SEO saat itu mungkin bukan SEO yang akan diambil, yah inilah setidaknya beberapa SEO spesialist termasuk ane sih hehehe, dulu pas zaman sekolah karena gak ada kerjaan yang bisa dilakukan selain ngeblog, apa lagi?. Apalagi saat itu “gak ada modal“, untuk ngasilin uang untuk jajan, yah mau apalagi selain memperkaya keilmuan tentang blogging yang saat itu masih konsetrasi menggunakan CMS blogger.com, ada juga temen – temen dijogaja yang gak saya sebutkan menjual produk – produk farmasi yang “pinggir jurang” via internet menggunakan SEO #sad

SEO selalu berpacu

Yah makin hari pemain SEO makin banyak, entah main dengan cara apapun pasti banyak, dark makin banyak pula terbukti dengan tumbuhnya bibit SEO judi online yang menggempur website – website pemerintahan dan universitas, selain itu juga SEO fighter UMKM yang berpacu dengan asam lambung untuk terus menggerakkan neraca bisnisnya yang aku yakin minim sekali keuangan untuk marketing, yah aku tahu karena memang aku sendiri berada di frasa yang sama hehehehhehe. Jalan pintas harus dicari agar roda bisnis terus bergerak agar bisa terus ngebul dapur.

Ouh ia perlu diketahui yah, para pelaku SEO UMKM itu aku kira lebih advanced loh kenapa?, karena minimnya budget untuk marketing menggunakan website harus terus berpacu mencari shortcut agar mendapatkan konversi penjualan, makanya aku kurang setuju dengan pakar – pakar SEO yang menggunakan kategory seo baik dan seo buruk, aku lebih suka SEO baik itu SEO yang menghasilakan sedangkan SEO buruk itu gak konversi kepenjualan, baik buruknya menggunakan parameter bisnisnya masing – masing.

Profesi Kekinian, Tapi Gelap

Ini cocok untuk kehidupan para agency yah hehehehe, aku sendiri sampai saat ini masih bekerja sama di dua agency yang Alhamdulillah masih ngelemparin kerjaan ke aku hingga tuliasan ini aku buat, tapi perlu kalian tahu kehidupan SEO spesialist ini penuh dengan tuntutan dari user loh, dimana user mintanya cepet dan instan karena banyak sounding dari berbagai pihak, yang entah aku sendiri juga gak tau kalau SEO bisa mengkonversi menjadikan penjualan loh, makanya itu banyak tekanan. Apalagi di kehidupan SEO spesialist gak ada rule pekerjaan harus bagaiamana karena dinamis banget hari demi hari, paling cepet dapat cuan yang ngejar – ngejar “keyword pinggir jurang” hehehhehe. Banyak pemain SEO zaman awal 2010 yang gak kelihatan batang hidungnya malah ngejar keyword tersebut karena kemudahan proses bisnisnya heheheheh.

Paling Aman di Corporate

Yah inilah setidaknya yang dilakukan orang – orang SEO spesialist yang dalam tanda kutip nyari aman sementara, ia ini bersifat sementara yah. Lebih tepatnya sih pecundang hehehehe, karena ini yang aku alami, pecundang banget yah aku ini?, ia sih aku akui karena memang keadaan setelah pandemi menghabiskan banyak stok makanan digudang hehehe, aku pecundang ia? bener banget sih !, setidaknya ini yang aku alami bersama temenku namanya mas dhony yang memiliki beberapa ruko di salah satu pasar modern di kota besar di pulau jawa yang harus turun jadi pegawai untuk mengawali lagi, dulu usaha utama, kini jadi side hustle lagi. Investasi kita dibidang ilmu kurang karena memang alat untuk menggalinya kurang, mohon dimaklumi kita berdua kategori UMKM/UKM. Sementara kita jadi pecundang saat ini akui aja terima ajah.

Apalagi yah?, jangan lupa SEO spesialist outputnya adalah bisnis sendiri entah itu bikin agency atau usaha sendiri yang mengkobversikan bisnis konvensional menjadi digital. Jangan sampai lupa ini !, tetep semangat para pekerja digital. eheheh aku sendiripun setelah banyak makan garam dan ilmu nantinya yah, aku kepingin kolaobrasi di digital agency yang isinya para SEO spesialist, karena kau sendiri masih banyak penasaran sebenarnya rule of key dari SEO spesialist setiap kategori usaha.

BTW makin hari makin banyak sekali SEO Spesialis yang diburu pihak berwajib, jadi kalian yang main – main di pinggir jurang terus semangat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *