August 15, 2022
Disclaimer : Postingan ini merupakan postingan seseorang yang ada disebuah forum yang mendukung postingan saya sebelumnya “SEO, Kewajiban Menyerah ketika Memulai !“, kerena memang banyak alasanya banyak orang yang memiliki pemikiran ngeblog bisa dapat uang banyak.
============================================
Bagi para pemula yang mau terjun ke dunia blog, hilangkan mindset “Ngeblog bisa menghasilkan duit” , itu semua omong kosong. Hanya segelintir orang yang sukses dalam dunia blogging, itupun mereka sudah ngeblog bertahun-tahun.
Biasanya seseorang yang memiliki mindset “Ngeblog bisa menghasilkan duit” , mereka akan cenderung menghabiskan waktunya untuk ngeblog daripada melakukan pekerjaan lain karena mereka yakin kalo ngeblog bisa menghasilkan duit. Dan hasilnya adalah nihil, penghasilan tidak dapat dan waktu terbuang sia2 🙁
Ubah mindset tersebut jadi “Ngeblog adalah hobi“. Ngeblog kalo lagi mau atau gabut. Dengan mindset seperti ini, kalian tidak membuang waktu sia2 karena kalian ngeblog dikala senggang/gabut saja.
Karakteristik blogger yang memiliki mindset “Ngeblog bisa menghasilkan duit” *menurut saya
  • Baru mulai ngeblog, sudah pusing daftar adsense. Article masih sedikit udah pusing tanya sana sini cara daftar adsense.
  • Sibuk cari cara gimana bisa cepet di index google.
  • Sibuk nyari backlink supaya visitor cepet bertambah.
  • Sibuk share blog ke media sosial sana sini.
  • Sibuk riset2 keyword.
  • Keluar duit untuk meningkatkan blog nya (beli jasa article, beli domain DA PA tinggi, beli backlink, pesen jasa optimasi SEO dll)
Banyak sekali orang2 seperti itu di grub ini. Dan menurut saya, itu adalah hal yang merugikan.
Saya sudah ngeblog selama hampir 2 tahun, dan belum pernah merasakan penghasilan dari blog. Tapi dari awal saya ngeblog bukan bertujuan mencari duit, melainkan hobi, jadi saya tidak menyesali hal itu dan tetap ngeblog sampai sekarang 🙂
Jadi untuk para newbie:
  • Hilangkan mindset blog bisa menghasilkan duit. ubah jadi hobi atau kerjaan sampingan.
  • Pilih niche sesuai keahlian/passion kamu. Contoh kalo kamu suka & ahli dalam perkomputeran, pilih niche tersebut. Curahkan semua pengalaman dan ilmu kamu dalam perkomputeran ke dalam blog.
  • Tidak usah memikirkan adsense, index, page one dll. Fokus saja membuat article yang berkualitas dan enak dibaca bagi reader/visitor.
  • Jangan terlalu banyak membuang duit untuk blog. Keluarkan duit secukupnya untuk sedikit memoles blog kamu
  • Jangan terlalu menshare blog kamu ke medsos. Cukup sesekali saja, jangan spam.
Bagaimana dengan orang2 yang bisa gajian perbulan dari blog? Abaikan, fokus saja ke diri kita masing2. Buat article yang berkualitas dan enak dibaca.
Jujur saja saya belum pernah bertemu orang yang bisa gajian perbulan dari blog, kecuali owner blog download, streaming, lendir(18+) dan online shop (jasa atau barang). Jadi bagi kalian yang mau cepet2 dapet duit dari blog, buatlah blog dengan niche2 tersebut :v
Bagaimana kalo membuat blog niche gado-gado? Boleh saja, silahkan buat. Tapi kelemahan niche gado2 menurutku adalah kalian akan menambah pekerjaan untuk mencari referensi dari blog lain guna mempelajari niche yang bukan passion kamu. Dan itu tidak efesien menurut saya. Kecuali kalian mengelola blog tersebut dengan orang lain/berkelompok yang setiap adminnya mempunyai passion di niche yang berbeda.
Lalu bagaimana bisa menghasilkan duit kalo tidak di daftarkan adsense? Penghasilan dalam dunia blogging tidak harus dari adsense, masih banyak alternative lain seperti alternative penyedia iklan (mgid, adskeeper, popads dll), tanam backlink, jual produk dan jasa. Tapi bukan berarti tidak boleh mendaftar adsense, cukup daftar sesekali saja, kalo di tolak biarkan saja, fokus buat article lagi. coba daftar lagi bulan depan.
Menurut saya, faktor diterima adsense adalah keberuntugan. jadi kalo hari ini ditolak, berarti tidak beruntung, coba lagi nanti. Ini berdasarkan pengalaman saya, coba mendaftarkan blog streaming ke adsense, dan keterima. dari sini saya yakin kalo faktor diterima adsense adalah keberuntungan karena blog streaming (ilegal) saja bisa di approve XD
Membuang duit untuk blog yang saya maksud adalah membeli domain DA PA tinggi (padahal domainnya tidak sesuai niche blog kita), beli jasa article, beli akun adsense dan beli blog orang lain. Apa itu tidak boleh? Boleh, itu terserah kalian, tujuannya juga untuk meningkatkan blog kalian. Tapi menurut saya itu semua percuma/merugikan. Kalian hanya cukup membuang duit untuk membeli domain (sesuai niche) dan hosting (kalo pake WordPress). Selain itu tidak usah, cukup lakukan sendiri dengan modal ilmu dari google.
Untuk orang2 yang memiliki mindset “Ngeblog adalah hobi” , saya yakin tidak akan melakukan hal2 itu 😃
Jangan spam share blog ke media sosial. Takutnya ada orang usil yang menjahili blog kita karena terganggu dengan perlakuan spam kamu. Cukup sesekali saja, seminggu atau dua minggu sekali.
Untuk inspirasi bagi para blogger, kalian bisa mencontoh blog igniel. Membuat blog sesuai bidang nya (pemrograman dan tips blogger) dan article nya menggunakan kata2 yang mudah dipahami bagi para reader, terkadang juga membuat article tips & tutorial karena permintaan reader nya. Contoh blog yang bagus menurut saya 🙂
Itu saja catatan dari saya, semoga bermanfaat bagi kalian yang mau terjun ke dunia blogging dan saya minta maaf jika ada kata-kata yang menyindir beberapa pihak, saya benar-benar tidak ada niatan menyindir pihak manapun. Ini murni catatan saya untuk para newbie.
Tetap semangat untuk para blogger yang baru dan udah terjun ke dunia blogging, konsisten dengan blog masing-masing. Semoga kita segera bisa merasakan gaji bulanan dari blog 😇😇
Sekian dari saya, Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.