May 16, 2022

selamat pagi, semoga hari ini masih semangat buat nge-blog. Kali ini akan share tentang kasus – kasus yang terjadi masalah indexing blogger. isu yang selalu hangat adalah masalah de-indexing karena google udah menolak cintamu. Bakalan hancur deh hati seorang blogger kalau cintanya ditolak.

Lanjut ini adalah kasus yang aku tangani untuk indexing google, ternyata memiliki ciri – ciri berikut yang patut kalian hindari karena ada beberapa kasus yang merugikan kita. salah satunya adalah Google menyembunyikan index kita.

Disclaimer : Ilham bukan ahli SEO seperti orang profesional, ilham membagikan kasus ini berdasarkan website client yang ditangani, studi kasus ini melibatkan sekitar 235 wesbite yang ada dalam kurun waktu 1-2 bulan semenjak artikel ini diterbitkan.

1. Kasus Yang Bikin nangis Karena Aged Domain

Nah langsung ke inti pembahasanya yah guys, temuan kali ini adalah sebuah aged domain yang dimana sudah tinggi DA dan PA nya otomatis sebenernya udah diindex dulunya. aka tetapi kalian wajib waspada dimana ketika kalian menggunakan aged domain lalu di bangunkan lagi, ketika di inedex mentok indexing homepage 4 url ajah atau 7 url ajah. kasusnya.

site:rumahouse.com

Ini merupakan aged domain dimana mentok ke index cuma 4 biji, usut punya usut saya check di artikel – artikel lainyya sebenernya ke index loh #ngerinih.

site:rumahouse.com/5-simple-parisian-kids-room-design-ideas/

Tapi ngerinya, ketika aku check dengan keyword sama persis judul bahkan aku tambahan nama domain website gak muncul sama sekali “5+ SIMPLE PARISIAN KID’S ROOM DESIGN IDEAS rumahouse.com” gak masuk di SERP loh #ngerikan, udah capek bikin artikel udah masuk ke google ternyata disembunyikan, di php dong sama ayang google. #sadbanget. nah kasus ini dari 235 client, hampir sama semuanya loh dialami aged domain yang gak ke track bener2.

2. Gak semua Aged domain Disembunyikan oleh Google.

Nah kalau ini masih ada harapan nih dimana masih banyak aged domain juga yang masih bisa digunakan bahkan #cespleng banget langsung ke index di google, contohnya seruit.com dimana website client ini belum satu tahunan setelah aku check ternyata aged domain loh semenjak tahun 2010 kalau gak salah (bisa di check di archieve.org) dimana website ini punya komunitas blogger lampung, setela aku coba indexing ternyata berhasil dan naik.

site:seruit.com

Nah ini wesbite yang udah ke-indeks dan berhasil masuk ke SERP walaupun sama – sama aged domainloh. apa penyebabnya walaupun sama – sama aged domain ternyata beda hasilnya?, saya juga gak tahu.

3. Aman Pakai Fresh domain

Nah kalau kali ini pakai fresh domain lebih enak sih menurut ilhamabi.com karena semua backlink dan seo OnPagenya bisa keatur jadi semuanya bisa dikendalikan, Alhamdulillah dari sekian banyak client yang masuk menggunakan fresh domain dimana fresh domain ini sangat disukai, terbukti nih baru buat artikel 1 bulanan sudah hampir ke indeks semua, berikut kasusnya.

site:pndice.com

Salah satu client ilhamabi.com adalah coorporate yang bergerak dibidang pembuatan mesin es dan supplay dari amerika dimana baru ilhamabi.com kerjakan artikelnya bulan 2 tahun 2022 tapi sudah ke indeks, karena websitenya fresh domain sehingga kontrol SEO Off page lebih mudah gak perlu evaluasi dahulu. #rekomendedbanget

4. Hati – hati menggunakan Spiner/PGP/dan teman – temannya.

Ia anda harus hati – hati kalau menggunakan SEO tiang listrik (Istilah SEO yang di sebutkan di SEOcon 2022), dimana SEO ini menargetkan setiap kota dengan cara apapun termasuk client admin ini dimana memiliki indexing yang sebelumnya 4 malah ilang menjadi 2, ilhamabi.com lupa membuat capture awal gambarnya ketika sebelum di indexing. berikut gambarnya.

site:pengerajindrumbandjogja.com

Setelah telisik punya telisik setiap postingan ini kayak dispin dan ditargetkan disetiap kota, memiliki keyword mirip – mirip sih, tapi jangan salah punya seruit.com juga menggunakan PGP loh kalau dilihat dari postingannya, jadi gak 100% pakai spinner/PGP/dankawannya langsung dibenci, ilhamabi.com masih belum menemukan detail konkrit penyebabnya akan tetapi lebih baik dihindari ajah sih.

5. Untuk tahu Aged Domain Yang bisa digunakan.

Nah di kasus no. 1 dan no. 2 adalah sama – sama aged domain akan tetapi kasus no. 1 ini aged domainnya gak bisa digunakan karena hasilnya walaupun ke-index akan tetapi disembunyikan oleh google di SERP, apakah itu karena aged domain luar negeri?, jawab ilhamabi.com “Tidak” dikarenakan ada client menggunakan aged domain dari indonesia juga gak bisa di-index, dan sama – sama disembunyikan berikut contohnya.

site:arbazena.com

nah arbazena.com ini merupakan aged domain (dilihat di archieve.org) dimana baru dibangunkan lagi 11 bulan yang lalu, akan tetapi ketika dioptimasi indexing tetep ajah koq, jadi asumsi karena aged domain dari luar negeri bisa tertolak, karena yang dari dalam negeri semacam arbazena.com kasunya sama.

Nah cara untuk tahu gimana bisa dipakai atau enggak, yah kalau ilhamabi.com sarankan bikin artikel dulu 30-50 artikel rutin periodik, lalu silahkan menggunakan jasa saya #ngiklan-hehehe, atau kalau mau percaya silahkan menggunakan rankmath, tapi usahakan menggunakan yang premium #tapimahal karena banyak client yang mengeluh walaupun menggunakan plugin ini tetep gak ke indeks #soalnyagratis. setelahh itu jika indeks mentok di 2 atau 4 atau 7 silahkan direlakan ajah hehehe. Tapi kalau bisa break lebih dari itu baiknya digunakan karena akan sangat mendongkrak sekali website yang dibacklink dari website semacam ini.

6. Kenapa Google Sekarang Susah me-Crawling website

Nah ini bersumber dari SEJ (Search Engine Journal) menyebutkan bahwa google menghemat biaya robot crawling yang dilakukan dimana robot crawling ini membutuhkan kebutuhan besar seperti listrik tenaga dan lainya, semenjak pandemi semua orang dipaksa bertransformasi ke dunia digital apapun itu termasuk bisnis sehingga Google menjadi salah satu platform yang banyak digunakan, makin banyak website yang tumbuh makin banyak pula robot crwaler yang dibutuhkan untuk melakukan indexing akan tetapi website baru ini belum tentu memenuhi syarat google. Hal ini sudah banyak dirasakan oleh para blogger mulai bulan juni/juli/agustus tahun 2021 kemarin loh hehehehe.

Nah sekian dulu yah temuan dari saya, semakin banyak client yang masuk ke saya akan semakin banyak pula kasus yang menjadikan insight baru yang akan saya bagikan perihal indexing ini. terima kasih jika kalian membutuhkan jasa indexing website bisa hubungi 089685617675.

10 thoughts on “Masalah Indexing Google, Simak Ulasanya

  1. Pantesan saja blog saya butuh beberapa hari untuk bisa terindeks, itu pun tidak semua artikel saya terindeks. Padahal dulu paling cuma 10 menit sudah bisa langsung terindeks.

  2. berarti lebih rekomended freshdomain ya hu, pantasan artikel bulan Nov21 aja masih belum ke index, tapi malah bulan feb 22 ke index, bingung ane…

  3. Ini yang saya rasakan untuk beberapa website. Ada web yang sudah 2 tahun awalnya pakai expired domain eh desember kemarin kena php. ada lagi yang baru setahun dengan kualitas backlink lumayan kena juga.

    yang terbaru, bulan November beli domain expired. Eh baru beberapa hari langsung apes index cuma 4.

    Pertanyaannya, Kalau yang index 4 apa bisa kembali atau relakan saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published.